Jumat, 08 November 2019

Pengalaman Melahirkan Anak Kedua

Assalamualaikum...

Sudah berapa lama diriku vakum menulis,sungguh sangat tidak konsisten untuk menulis setiap waktu ๐Ÿ™ˆ
Baiklah...kali ini aku hanya ingin sedikit berbagi pengalaman melahirkan anak kedua yang sangat jauh berbeda dengan anak pertama ๐Ÿ˜

Januari 2019 menjadi awal tahun yang baik untuk kami
Seperti biasa aku baru tau hamil itu pas usia kandungan sekitar 1 bulan lewat dan habis bepergian jauh persis waktu hamil si zahrani dulu,tapi masih jauhan zahrani dimana usia kandungan 1 bulan lewat zahrani udah dibawa ke malang dan naik gunung bromo.

Foto ketika lagi jalan ke bogor + sempat loncat-loncatan๐Ÿ˜‚

Pastinya kebayang dong naik jeep yang jalanannya duh jegluk sana sini...itu kalau kondisi rahim nggak kuat bisa keguguran #amit-amit๐Ÿ™ˆ. Alhamdulilah kondisi waktu itu baik-baik saja,hamil kedua pun sama baik-baik saja mungkin sedikit perbedaan mengalami morning sickness namun bisa dikontrol sama tubuhku jadi masih bisa aktifitas kayak biasa.


3 bulan di ajak ke Bandung naik Bus

Masuk kehamilan TM 2 aku sama suami diskusi kelahiran mau pakai BPJS atau nekat kayak zahrani dulu di Bintaro Woman Children?? Sebab kondisi keuangan tidak seperti jaman hamil zahrani dulu,aku sempat ragu banyak berita miring soal pelayanan yang diberikan kalau pakai BPJS. Tapi suami ngeyakinin dan aku pun cari-cari info ke teman-teman whatsapp grup yang sudah pernah pakai BPJS. Alhamdulilah ternyata setelah coba semua tidak seperti yang dibayangkan ๐Ÿ˜

Sesekali aku kontrol di Bintaro Woman Children dengan dokter spog zahrani. Namun dokternya sudah tidak praktek lagi di RS yang akan dituju ๐Ÿ™ˆ padahal harapannya kalau masih praktek aku nggak perlu kontrol di BWCC (tak singkat ya biar nggak kepanjangan bacanya๐Ÿ™ˆ) jadi tinggal kontrol langsung di RS nya.

Alhasil cari dokter spog yang lain,selama kehamilan TM2 sampai mendekati masuk TM3 aku gonta ganti dokter dan RS karna saking bingungnya mau lahiran dimana๐Ÿ™ˆ
Mendekati HPL akhirnya memutuskan di tempat RS waktu dulu hamil zahrani rujukan buat SC.

Selama hamil selalu kontrol 2x dalam sebulan RS dan faskes 1. Nah aku dengar dari beberapa teman BPJS membuat rujukan cuma 3x doang. 2x buat USG 1x buat proses lahiran,aku baru coba kalau nggak salah pas masuk usia kandungan 8 bulan itupun aku diomelin sama bidan faskes 1 kenapa bulan lalu tidak dipakai kan sayang dananya. Lah...waktu itu minta kata bidan yang lain nanti aja pas mendekati HPL.(maklum faskes 1 kalau kontrol bidan pasti ganti-ganti mulu)๐Ÿ˜‚๐Ÿ™ˆ

Masuk mendekati minggu-minggu kelahiran kontrol makin intens 2 minggu 1x kalau ini aku ke faskes 1 aja. Duh kontrol di bidan pas mendekati kelahiran membuatku ngilu sebab kudu banget ditekan-tekan bagian perut buat nentuin apa kepala udah dibawah atau belom๐Ÿ™ˆ(lebay...ya karna jaman hamil zahrani aku gak digituin cuma periksa bagian dalam aja pas mau mendekati lahiran๐Ÿ™ˆ๐Ÿ˜…). Karna beragam cerita didapat dari ada yang bilang kena tambahan biaya,ada yang bilang di cover semua,dan ada yang bilang jahitannya beda(duh ngilu ngomongin jahitan) macam-macam hingga aku makin was was๐Ÿ™ˆ.

Positif thinking itu yang utama jadi semua cerita hanya bagai angin lalu aja supaya meminimalisir pikiran negatif ku (percuma banget lu nanya-nanya)๐Ÿ˜‚
Jadwal dan tanggal sudah ditentukan pas kontrol ke faskes 1 disuruh bidan majuin sebab kepala udah masuk panggul dan nggak bisa kemana-mana takutnya aku merasakan 2x sakit.
oke aku pun nurut saat itu juga balik ke RS jadwal ulang operasi SC.

Menunggu giliran ruangan untuk operasi

Tadinya aku sama suami berpikir kita pasien pertama yang mau operasi ternyata oh ternyata aku adalah pasien kedua dari 10 pasien yang akan di operasi  pada hari itu juga loh...๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ
Baiklah...akupun dituntun masuk ruangan sama suster sambil bercanda,nah...pas suntik obat bius aku rasa belum sepenuhnya bekerja tapi saat itu dokter udah siap membuka sayatabn pertama๐Ÿ˜น
Kenapa nggak komplain?? aku udah bilang "kok ini masih berasa ya kayak masih bisa digerakin" dijawablah sama dokter anestesi "gpp bu itu lagi bekerja obatnya". Ya aku langsung diem aja tak pikir bakal nunggu dulu beberapa menit sambil dicek,lah...si dokter udah sayat duluan sambil bilang "kita mulai ya bu".

MasyaAllah...asli baru kali itu aku ngerasain sayatan rasanya tuh perih-perih sedep saat operasi tapi cuma diawal doang habis itu nggak terasa lagi mungkin obatnya udah 100% bekerja. Dan baru pertama kali juga aku nangis diruang operasi biasanya kan bayi lahir baru terasa mau nangis nah ini dari awal udah nangis duluan,sangat jauh sekali pas lahiran SC zahrani dulu๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ
Setelah bayi lahir ada perasaan bahagia dan lega di situasi inilah aku dan suami harus mendapatkan kabar yang kurang enak dari dokter anak.

Jadi sehabis operasi aku cuma dikasih lihat bayi sebentar doang habis itu suster buru-buru bawa si bayi keluar. Di ruang pemulihan aku lihat kenapa yang lain IMD tapi aku nggak,akhirnya tanya sama suster dan jawaban susternya membuat aku tercengang "maaf ibu nggak bisa IMD si dede harus pasang selang".(udah kayak macam sinetron yak ๐Ÿ˜น)
Aku langsung minta suster buat panggil suami dong supaya dijelasin tapi suami masuk pun nggak mau kasih tau apa-apa,bungkam seribu bahasa mungkin dia juga bingung harus menjelaskan ke istrnya gimana. Akhirnya suami baru cerita pas aku udah masuk kamar kalau bayi harus masuk NICU karna sesak nafas kalau kata dokter paru-parunya belum sepenuhnya matang,aku ya langsung nggak bisa nahan nangis dong...tapi suami berusaha kuatin aku dan yakinin bahwa semuanya baik-baik aja dan aku harus fokus pemulihan dulu.

Sedih,kecewa,dll semuanya terasa campur aduk banyak hal yang sangat kusesalkan. Pertama nggak bisa lihat anak langsung,kedua nggak bisa IMD,ketiga harus pisah hampir 5 hari dari anak. Alhamdulilah sekarang usianya sudah 3 bulan dan aku sangat bersyukur anak keduaku semakin hari semakin membaik dan sehat. Terima kasih atas segala dukungannya untuk kerabat dan teman-teman,terutama suami tanpa dia mungkin aku saat itu kesehatanku akan drop.

Tidak ada komentar: