Minggu, 14 Januari 2018

Ayo Hidup Sehat Dengan Fun Dan Enjoy Bersama "ZUMBA"

Assalamualaikum...Happy Weekend...

Weekend ini aku tidak banyak melakukan kegiatan keluar rumah paling hanya beberapa acara yang sudah terjadwal jauh-jauh hari(sok kebanyakan aktifitas 😆),mengingat beberapa hari yang lalu fisikku sempat drop entah karna kurang tidur atau kelelahan 😓 sampai suamiku sempat khawatir takut penyakit tifus(tipes) kambuh,alhamdulilah tidak sampai kumat mungkin hanya butuh sedikit istirahat total dari segala aktifitas (sok sibuk 😆).

Kesehatan sangatlah mahal harganya,ancaman terhadap kesehatan sangatlah mudah didapat dari mana saja. Sehubungan dengan hal itu salah satu teman Whatsaap Grup kasih info mengenai jadwal Zumba yang diadakan oleh Kalcare. Wah...kebetulan sekali apalagi aku jarang sekali olahraga,akhirnya aku mencoba daftar di kalcare Bintaro X Change,siapa tau tubuhku sedikit lebih bugar.



Pada dasarnya gerakan Zumba adalh 70% dansa dan 30% fitness. Hal ini menjadikan gerakan zumba tidak diajarkan terlebih dahulu melainkan secara langsung mengikuti gerakan instruktur.



Jenis olahraga Zumba ini sedang populer dikalangan ibu-ibu serta anak muda zaman now 😅. Zumba adalah salah satu jenis olahraga yang dilakukan berkelompok dengan menari secara enjoy dan riang. Gerakannya yang menyenangkan penggabungan antara musik dan tarian latin dengan sedikit step aerobic.

Asal Mula Zumba

Zumba diperkenalkan sejak tahun 2001 yang diciptakan oleh Alberto Beto Perez yang berasal dari Columbia,Amerika Selatan dan bahkan sudah mulai berkembang pesat ke seluruh dunia. Awalya Beto  mau mengajar senam aerobic namun dia lupa membawa CD irama senam aerobic,akhirnya dia berinisiatif mengambil semua CD yang berada di mobilnya. Kemudian Beto membuat gerakan-gerakan senam yang akan dipraktekkannya dengan berbagai macam music dari Latin,Hip Hop,sampai Upbeat melihat respon murid-muridnya positif jadilah gerakan Zumba ini masuk ke dalam kategori dance fitness.

Zumba mulai populer tahun 2003 di Amerika dan dibawa ke Indonesia sekitar tahun 2009,namun masyarakat mulai meminati Zumba awal tahun 2012.

Arti Nama Zumba

Zumba berasal dari Columbia diambil dari istilah kata "zum-zum" yang artinya gerakan cepat. Tarian Zumba menggabungkan musik dan tarian latin dengan step aerobic. Maka latihan dasar Zumba menggabungkan tarian dari Samba, Cumbia, Merengue, Salsa, Reggae, Hip-hop, Mambo, Rumba, Flamenco, dan Calypso. yang menghasilkan gerakan terasa lebih fun dan enjoy.

Tanpa disadari Zumba dapat menurunkan berat badan,membakar kalori jauh lebih cepat,dan membentuk otot tubuh. Zumba menggunakan prinsip-prinsip dasar latihan aerobik dengan tujuan latihan yang mengharuskan konsumsi kalori, meningkatkan sistem kardiovaskular dan kekuatan seluruh tubuh. Gerakan cepat ini juga tidak hanya membakar kalori saja namun menyehatkan jantung kita. 


Manfaat Zumba

Mengencangkan Tubuh
  • Gerakan Zumba yang dibilang cepat ini membuat semua otot-otot tubuh banyak bergerak. Dihasilkan dari perpaduan antara kebugaran senam biasa dengan squat dan lunge.
Memperbaiki pernafasan 
  • Salah satu faktor pendorong untuk memiliki kekuatan tarikan nafas adalah melatih otot. Jika otot anda mampu kencang, maka hasilnya juga bagus. Salah satu olah tubuh yang cukup banyak melatih otot adalah Zumba Dance.
Membakar Kalori 
  • Rata-rata satu kali latihan Zumba dapat membakar kalori sekitar 400-600 kalori per jam. Dan ini adalah impian para ibu dan anak muda menjadi salah satu Program Diet dengan menyenangkan tanpa menyiksa diri sendiri.
Mengatasi Stress 
  • Salah satu manfaat Zumba yang paling sangat terasa adalah mengatasi stress dan penat. Sebab gerakan-gerakannya yang aktif serta diiringi lagu-lagu menyenangkan membuat kita bahagia dan enjoy.
For all age !! 
  • Senam ini sangat cocok untuk kalangan usia. Bisa dibagi menjadi beberapa kelompok contoh grup anak-anak,remaja,dewasa,dan manula yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh kita.
Perlengkapan Yang Dibutuhkan Saat Zumba

Untuk pemula saat ingin melakukan Zumba sebaiknya perhatikan kondisi fisik sebelum olahraga,minum banyak air putih agar tubuh terjaga dan terhindar dari dehidrasi saat senam,jika terasa pusing dan sesak nafas lebih baik istirahat sebentar.
  1. Memakai pakaian yang nyaman seperti baju olahraga khusus senam atau kaos serta celan panjang yang nyaman dipakai.
  2. Kenakan sepatu yang tepat dan nyaman agar terhindar dari cidera lutut.
  3. Handuk kecil utuk membasuh keringat saat selesai melakukan Zumba karna pasti banyak sekali kalori yang sudah kita keluarkan.
  4. Sediakan air minum putih yang banyak karena Zumba ini membuat pergerakan tubuh sangat aktif dan menguras tenaga.


Dipojok sana tersedia camilan juga buat para peserta



Saat pertama datang ke Kalcare BX Change utk registrasi betapa banyak sekali antusias para peserta megikuti Zumba. Mungkin karna jarang ikut senam jadinya banyak ngos-ngosannya atau mungkin karna badanku yang gemuk bahahaha 😆.

Disini aku bisa bersosialisasi juga dengan banyak orang terutama para ibu-ibu muda dan senior (seakan aku sudah tua 😏) yang tadinya tidak kenal jadi kenalan satu sama lain. Terus kalau kita Zumba anak sama siapa?? nah ini yang dilema apalagi anak masih usia 1 tahunan jadi menurut aku lebih baik ajak suami juga jadi kita tenang dan bisa enjoy sejenak,karena udah pasti suami juga bisa jagain kan tidak mungkin juga dibuat nangis (ya iyalah kan bapaknya masa tega dibuat nangis)hihi 😀

Mereka asik makan camilan bundanya😅

Alhamdulilah kemarin ayahnya juga ikut nemenin Zumba jadi sedikit lega dan kebetulan sudah seminggu suami lembur mulu jarang ada waktu main sm anak jadi dimanfaatkan deh sekalian mereka puas main dan aku puas olahraga 😀. Lihat mereka diatas abis kecapekan main terus camilan bundanya di makan juga 😅.

Sebetulnya Zumba ini bisa dilakukan seorang diri namun buat aku pribadi lebih enak berkelompok karena rasanya lebih menyenangkan dibandingkan sendirian. Jujur setelah mengikuti Zumba badanku terasa lebih bugar dan lumayan banyak menguras tenaga juga hehe 😅
Bukan pertama kalinya ikut zumba ini,karna dulu pernah ikutan setelah punya anak mulai tidak rutin lagi buat ikut 😅 Akhirnya aku mencoba merayu suami buat rutinin lagi kegiatan zumba (masih on proses 😆).


Yuk...tidak ada kata terlambat untuk hidup sehat. Ayo para ibu-ibu dan anak muda mari hidup sehat dengan cara yang menyenangkan 😀😀😀

7 komentar:

Yati Rachmat mengatakan...

Euleuh, euleuh.... Kl ZUM ZUM mah atuh bundanya garus mlipiiir. Koq? Iya, badan udah gak layak diajak zum zum a.k.a. gerakan cepat. Semangat buat yg tua-tua eeeiitts maksudnya buat yg muda-myda dan ranum...yeeaayy berzumbaria. Sooook...

Kanianingsih mengatakan...

ini di Kalcare bintaro mba? pengen ikut tp malu ih kan zumba banyak goyangannya heheh

Amalia Sarah mengatakan...

Pengen deh ikut zumba begini... Belum pernah kesampaian uhh

Farichatul Jannah mengatakan...

Mbak... Aku sering liat neh kalau ke bxc... Boleh tau kalau ikut zumba di kalcare ini bayar gak??? Berapa trus jadwalnya kapan aja.... Aku tunggu jawabannya mb.. Pengen ikutan deket ama rumah soalnya

Fanny f nila mengatakan...

Aku blm rutin nih ikut zumba. Di kantor kita disediain pelatih zumba tiap selasa kamis. Dilakuin pas selesai jam kantor. Tapi ya itu, aku msh kadang ikut kadang ga -_-.pdhl asyik sbnrnyaa.. Beneran bikin keringat :D

shela anjar rani mengatakan...

@Yati Rachmah : hihi :D

@Kanianingsih : Goyangannya standar mba,malah yang nonton cuma sesama ibu-ibu aja hihi :D

@Amalia sarah : Ayolah...atur waktu sesekali ngerasain,mamah rayyan sibuk sih hihi :D

@Farichatul jannah : Setau aku free mba eh kalo sekarang gak tau ya karna kemarin aku dapat free pakai tiket exercise kalcare...jadwalnya senin dan jumat untuk registrasi bisa melalui via Whatsaap :)

@Fanny f nila : pulangnya sore ya mba :) bisa dirumah juga ko praktek zumbanya :) betul banget menguras keringat hehe :)

Nathalia DP mengatakan...

Udah lama nih ga zumba, saya pasti ngos2an :))